US Uni Application: A peek inside my MIT application [2/3] [IDN]

MIT sistem pendaftarannya punya sendiri, yaitu melalui MyMIT. Jadi beberapa part dalam aplikasi MIT akan berbeda dengan aplikasi mayoritas universitas lainnya yang memakai Common Application. MIT menyediakan interview untuk pendaftar dari Indonesia.

Application untuk MIT ini ada 2 bagian: bagian pertama isinya data diri kita + ortu dan ada 1 essay singkat, bagian 2 isinya essay, activities, award, dll.


Part 1

Please tell us more about your cultural background and identity (100 word limit)
Essay ini aku awali dengan cerita kalau Surabaya itu disebut sebagai Kota Pahlawan soalnya ada peristiwa di Hotel Yamato. Lalu aku hubungkan cerita itu dengan kepribadianku di mana keberanian orang Surabaya itu aku terapkan di kehidupan sehari-hari mengikuti olimpiade mat dan komputer, dan kemauanku untuk jauh dari comfort zone untuk mencapai mimpiku.


Part 2

Essay

We know you lead a busy life, full of activities, many of which are required of you. Tell us about something you do simply for the pleasure of it. (100 words or fewer)
Aku cerita tentang string ensemble, tapi lebih fokus ke waktu istirahatnya. Jadi lebih ke tentang di mana aku dan teman-temanku main-main lagu pop, dll.
Although you may not yet know what you want to major in, which department or program at MIT appeals to you and why? (100 words or fewer)
Karena aku dari competitive programming, aku tertariknya sama EECS (electrical engineering and computer science). Di sana aku masih ga tau mau fokus ke game research atau Artificial Intelligence, dan menurutku MIT’S Game Lab atau CSAIL akan menjadi tempat yang cocok untuk aku memuaskan intellectual curiosityku.
At MIT, we bring people together to better the lives of others. MIT students work to improve their communities in different ways, from tackling the world’s biggest challenges to being a good friend. Describe one way in which you have contributed to your community, whether in your family, the classroom, your neighborhood, etc. (200-250 words)
Di sini aku cerita waktu aku mengajar pelatihan olimpiade komputer di Petra, dan apa aja yang aku lakukan di sana.
Describe the world you come from; for example, your family, clubs, school, community, city, or town. How has that world shaped your dreams and aspirations? (200-250 words)
Aku cerita tentang kunjungan ke panti asuhan, dan dari kunjungan-kunjungan tersebut membuat aku ingin bisa membuat platform pendidikan gratis yang accessible dan berkualitas untuk anak-anak di daerah terpencil di Indonesia.
Tell us about the most significant challenge you’ve faced or something important that didn’t go according to plan. How did you manage the situation? (200-250 words)
Tentang kegagalanku di IOI 2015, apa yang aku pelajari di sana dan perkembangan dari sisi pribadiku selama 1 tahun yang bisa merubah hasil di IOI 2016.
(Gap Year Question) What have you been doing since you left school? (Max 400 word)
Aku cerita tentang pengalamanku menjadi scientific committee di pelatnas dan apa saja yang aku pelajari di sana.


Activities
TOKI, string ensemble, tutor, dll

Work Experience
Scientific committee, TA, tutor lagi

Summer Activities
Pelatnas, IOI, ke Anicult Anime Convention (ini serius)

Non-Scholastic Distinction
Karena aku udah ga ada lomba piano / gambar sejak SMP, jadi di kolom ini aku maksa banget. Aku nulis lomba pidato bahasa Inggris di sekolah & lomba tarik tambang lol

Scholastic Distinction

  • Bronze Medal in International Olympiad in Informatics 2016
  • Silver Medal in Singapore National Olympiad in Informatics 2016
  • HM in Asia-Pacific Informatics Olympiad 2016
  • Gold Medal Indonesia National Science Olympiad in Informatics
  • Perfect Scorer + 1st Place in Agricode IPB Programming Contest << aku lomba lokal pilih yang ini soalnya “”perfect score”” seems keren :p

AP, A-Level, IB, dll.
Ga ada sama sekali soalnya aku di sekolah nasional hiks

AMC (American Mathematic Competition)
KEBETULAN ADA AHAHAHAHAHAH
Aku dulu waktu sering lomba matematika ga pernah terpikir kalau itu bakal dipakai. Tapi sayangnya yang diminta AMC 10 dan 12, sedangkan aku cuma punya AMC 8 dan 10. Jadi aku cuman isi yang AMC 10.

AIME (American Invitational Mathematics Examination)
Kayanya ini cuma orang US aja yang bisa ikut, soalnya buat seleksi IMO (?? correct me if I’m wrong)

SAT: 2xxx (pokoknya jauh banget dari 2400)

SAT Subject

  • Mathematics Level 2: 800/800
  • Physics: 740/800

TOEFL: 1xx (jauh banget juga dari 120)

Note:
Untuk international student yang sekolahnya tidak pakai bahasa Inggris, sebenarnya diberi pilihan untuk mengirim nilai TOEFL + SAT Subject saja (SAT 1 tidak wajib). Tapi karena menurutku nilai TOEFLku ga terlalu bagus, aku kirim nilai SAT juga.

Portfolios & Additional Material (optional)

MIT memperbolehkan para pendaftar untuk mengirimkan portofolio yang bisa membantu aplikasi mereka; contoh: publikasi, research, recordings musik, akting, dll. Karena aku ga ada pengalaman research atau publikasi sama sekali, aku ga mengirim ini.


Additional information

No admission application can meet the needs of every individual. If you think additional information or material will give us a more thorough impression of you, please respond below.
Di sini aku isi:

  • Nilai SAT 1 ku (karena yang disediain kolomnya hanya untuk new SAT 1 sedangkan aku cuma punya nilai old SAT)
  • Penghargaan lomba lokal lainnya
  • Penghargaan dan aktivitas sebelum SMA, termasuk: piano ABRSM Grade 8, OSIS waktu SMP, olimpiade matematika waktu SMP, dll.
  • Informasi kalau aku bakal di community college di California mulai Januari 2017

Interview
Interview biasanya dilakukan sama alumni MIT yang tinggal di Indonesia. Karena aku waktu itu lagi di Surabaya dan interviewer (MIT sebutnya EC – Educational Counselor) tinggal di Jakarta, kita pakai Skype.

1 kata buat interviewku: HORRIBLE

Aku dari seminggu sebelumnya sudah mulai menyiapkan jawaban-jawaban dari kemungkinan pertanyaan, tapi–

*pagi hari-h* *buka email* *Stanford decision is out* *Rejected*

. . . . .begitulah. Aku tetap bisa jawab mayoritas pertanyaan sih, tapi waktu dia tanya “Kamu kok ga tes AP? Kamu ga ada A-level? SAT Subject kok cuman 2 aja? Ga ambil SAT Subject humanities atau literature? Kamu ga ambil research??” Etc etc aku ga bisa kasih alasan yang bagus. Karena dia bukan orang Indonesia, kayanya dia kurang tau sama sistem sekolah nasional juga o←<


FUN Form (February Update Notes and Update Form)
Setelah kita submit application kita ke MIT sebelum January 1, sekitar January 15 akan ada yang namanya FUN Form. Deadline untuk mengumpulkannya yaitu sebelum February 15. Di dalam form itu kita harus isi nilai rapor tengah semester (kalau ada), dan ada 1 essay yang menanyakan apa ada update dari kehidupan kita setelah kita submit aplikasi kita.

In the text box below, please update us on any changes or updates since you submitted your application. This might include new activities or awards, changes at home, or anything else important and relevant to your application. Also, if you have any changes in your curriculum since you submitted the application, please note the changes below. (250 words or fewer) If you do not have any updates, it’s okay; just put any quotes you like or any math jokes you know.
Di sini aku cerita tentang pengalamanku ke rumahnya Joe Lonsdale (co-founder Palantir, founder 8VC, etc) untuk lunch. Aku bisa dapat kesempatan itu karena aku salah satu peserta yang dipilih untuk final 8VC Venture Cup onsite di HQnya Addepar, dan seperti biasanya, aku cewe sendirian =w=’. Jadi aku cerita di mana aku bisa tau berbagai macam aplikasi programming di dunia nyata yang belum aku tau sebelumnya, dan masih banyak hal yang perlu aku pelajari.

Random Trivia: sebenarnya aku mau tambahin juga “I’m the only Indonesian there” tapi sayangnya ga bisa :’) Tanpa melihat daftar peserta di CF, tebak siapa orang satunya! Hint: TOKI


Fun Fact!

  • Beberapa tahun lalu, salah satu teman ceceku yang ke MIT membelikan boneka ini untuk oleh-oleh: mit beaver-1

Waktu aku lihat tagnya— :))))

mit beaver - 2

  • Salah satu syarat kelulusan MIT adalah lolos tes renang. Masih ga tau kenapa murid MIT harus bisa renang XD
  • Ada orang yang bilang kalo MIT itu Hogwarts-nya Amerika. Lumayan akurat, karena di MIT ada tim Quidditch.

Leave a comment